Selasa, 03 Februari 2009

Selamat Jalan Yuan

Sebenernya gw udah lama banget mau nulis ini, tapi gw agak-agak belum siap aja.Soalnya gw masih ga’ tega buat ceritanya.


Pagi-pagi gw sms si Oon ”On lu udah ngerjain tugas pak novan?gw ke kontrakan yak” gw berangkat malem-malem.Nyampe gang kontrakan, eh ternyata jalanannya becek banget (kebetulan hari itu lagi ujan).Jadi gw muter aja lewat jalan yang jauhan.Pas nyampe kontrakan si Oon lagi ngerjain laporan KP.Seperti biasa, kenyataan antara niat gw buat ngerjain tugas malah kaga kejadian.Dan kalo ga salah juga waktu itu gw lagi UTS juga.Bukannya belajar, malah gw dengan bangganya nunjukin video baru, yang gw baru download kemarin.Soalnya gw lagi senang-senangnya sama hip hop dance, jadi gw download aja video Jabbawockez.


Selesai ngobrol-ngobrol si Oon mau tidur, gw waktu itu lagi males banget buat buat tidur.Jadi gw nonton Tv aja, entah kenapa selama gw di kontrakan beberapa kali gw ngobrol sama Oon ada hubungannya sama Yuan.Dari jejak motor yang blom di bersihin sampe kasur dan bantal ada kaiannya sama Yuan.Udah kelar nonton, gw mau tidur, dan kebetulan gw make kasur dan bantalnya Yuan.Dan tiba-tiba aja gw ganti posisi tidur gw seperti tidurnya Yuan sambil dengerin musik di PSP nya Oon.


Pagi-pagi gw brangkat kuliah, karena genangan air di depan masih ada jadi gw milih jalan muter.Hari itu juga sebelum nyampe ke kampus gw sama Oon masih sempet ketemu Faisal yang lagi maksain buat lewat jalanan yang banyak genangan airnya.Selesai UTS gw nongkrong aja di kontrakan, niatnya mah mau pulang.kebetulan nyokap lagi di Pamulang.Tapi hari itu juga si Ano ulang tahun, jadi di kontrakan seperti biasanya bakalan ada acara bakar-bakar ayam.Makanya gw malesw pulang, kapan lagi makan gratisan, hahaha.


Seperti biasanya si Ramon kaga lupa buat mesen sama si Imoet(yang jaga kontrakan) supaya bikin sambelnya yang pedes banget.Gila ini mah, bener-bener pedes banget.Pokoknya rame banget dah ada Gisella, Tara, Tyas, Dea, Gua, Ano, Oon, Ramon, Embil, Nopan, Reja, Faisal, Iwan tapi minus Yuan (karena anak TT lagi kaga ada jadwal hari selasa) kalo si Faisal emang kaga ada kerjaan makanya dia ke kontrakan biarpun libur.Emang biasanya kalo ada bakar-bakar pasti rame, Yuan juga ngikut biasanya.


Udah kenyang makan, Reja ama Iwan main game kalo Gw, Faisal, Oon sama Ano nonton BBB di SCTV.kebetulan kita berempat emang belom pada nonton.Sumpah hari itu gw kaga tau kenapa, gw ketawa abis-abisan sama Ano,Faisal dan Oon.


Oon sama Faisal balik, biarpun film BBB nya belom kelar.Gw siap-siap buat tidur, si Reja sama Iwan masih main game.Akhirnya gw pun tidur berdua ama Ano.Tiba-tiba Hp gw bunyi, suaranya sih kaya sms.Mata gw masih ngantuk banget, tapi gw udah bisa ngliat Reja.Eh tiba-tiba si Reja malah naro Hp gw tepat di atas dada gw.Akhirnya pun gw baca isi sms nya ”telah meninggal teman kita yuan akibat kecelakaan”.Gw langsung kaget, dan ga percaya.Gw ng tanya Reja ”ini beneran ja?” soalnya gw kira ada yang ngerjain gw.


Pas gw udah bangun, si Ano kaga ada.Ternyata gw bangun paling terakhir mereka udah dapet sms lebih dulu.Gw tanya yang lain malah mereka juga masih pada bingung juga.Gw tanya Reja ”ko’ gw baru di bangunin?” dia bilang ”biarin lu dapet smsnya dulu, soalnya kalo di kasih tau dulu malah ntar lu nanya2 mulu...” ternyata yang lain pun udah pada tau.Kebetulan anak-anak yang deket sama Yuan emang anak-anak kontrakan.Jadi sms nya pun ke kita-kita semua.


Untuk saat itu yang mengetahui kabar itu hanya terbatas angkatan gw sama angkatan atas.Ternyata keputusan kita adalah brangkat ke Cilegon biarpun waktu itu masih jam 00.30.Sebenarnya semuanya masih bingung, apa kabar ini bener atau cuman kecelakaan terus di rawat di UGD.Sebelum brangkat gw mau minum dulu, tapi air abis di kontrakan, jadi gw ke tempat Ramon buat minum.Ternyata dia pun udah rapi-rapi dan udah megang konci mobil (kebetulan Nopan naro mobil di kontrakan, jadi kita make mobil dia)


Gw sama yang lain sibuk smsin yang lain buat ngebarin kabar ini.Dari mulai smsin Baskoro, Banu, Kiki sampe Mrs.Santi.Untung waktu itu pulsa gw masih banyak.Pas udah pada siap semua, ternyata si Oon sama Faisal (temen satu kontrakan sma Yuan) udah di depan pager.Kita semua udah siap-siap mau naik mobil, si Imoet bukain pager sambil nanya ”emang yang mana sih orangnya?yang sering ngikut bakar ayam kan?” kita jawab ”iya mas, yang ada jenggotnya”.


Kita semua naik mobil, Ramon nyetir Reja duduk di sampingnya.Ano duduk di belakang Reja,Iwan tengah kalo gw paling pinggir pas di belakang Ramon.Faisal sama Oon duduk yang paling belakang.Kita semua cuman bisa berbicara dalam hati,dan masih ragu-ragu untuk buat bicara tentang sms yang tadi.Reja sibuk sms sama nelpon temennya yang di Cilegon (kebetulan si Reja emang satu SMA sama Yuan).Akhirnyapun kita bisa mulai bisa bicara satu sama lain, walaupun masih bingung mau ngebahas apa.Karena gak mungkin juga lagi suasana seperti ini gw ngomogin rambutnya Ayu Sitha yang kaga rapih.Hehehe....



Jujur saat itu gw masih berharap gak ada apa-apa.dan gw selalu berusaha untuk berfikir positif.Di perjalanan gw gak berhenti-berhentinya baca surat Fatihah sebisa gw agar gak terjadi apa-apa sama Yuan.Tiba-tiba ada yang nelpon, ternyata si Baskoro dia ngomong sama Ano kemudian sama yang lain.Kemudian hp nya di gilir ke gw, gw pun bicara sama Baskoro.Baskoro bilang ”gw kaga bisa tidur ni jih, gw tadi dari rumah Banu .....” gw pun bilang ”iya ni bas, kita semua juga masih gak nyangka, yah do’ain ajadah mudah-mudahan kaga ada apa-apa...Yah Yuan kan temen kita juga, lagi pula angkatan kta gak banyak jadi semuanya pada akrab” terus Baskoro bilang ”Faisal gimana sama Oon? Bilangin Faisal jangan nangis..haha”


Gw langsung liat ke belakang, tapi si Faisal lagi nunduk aja.Kita udah masuk jalan Tol, dan gw juga baru sadar kalo malem-malem di jalan Tol isinya semua Cuman trek-trek gede semua.Biarpun suasana masih kalang kabut, ide gila pun muncul.dari mulai buka kaca, sampe Ramon matiin lampu mobil pas di depan mobil kita ada 2 trek gede.Katanya mah supaya lebih seger aja.hahaha parah pas lampu di matiin semuanya gelap banget.untung kaga ngapa-ngapa.


Si Reja sms sama nelpon temennya, dia nyuruh temennya buat ngecek ke Rumah sakit gimana keadaannya.Menurut info saat itu yang kita tau Yuan ketabrak trek pas lagi mau pulang ke rumah sehabis ngeband.Setelah beberapa lama nunggu kabar, Reja pun di telpon temennya.Gw berusaha buat dengerin percakapan dia ama temennya, kata temennya Yuan udah di bawa pulang.Dan saat denger itupun semua harapan gw pun ikut runtuh agar Yuan selamat.Karena aga sulit, kalau misalnya korban kecelakaan hanya di rawat cuman sebentar di Rumah sakit.Kan gak mungkin juga kalau sembuh cepet dari kecelakaan.


Kita pun mulai diem lagi di mobil.Pas keluar jalan tol, perasaan gw makin tegang.Ternyata temennya Reja udah nunggu didepan komplek buat nunjukin jalan.Selama perjalanan menuju rumah Yuan gw liatin jalanan ajah, soalnya gelap banget sama sekali gak ada lampu jalanan.Malah jalanannya rusak lagi, maklumlah di sana banayak pabrik-pabrik jadi banyak trek yang lewat.Akhirnyapun kita masuk di sebuah gang,walaupun cukup jauh akhirnya kita pun sampai dan langsung parkir mobil.


Hati gw mulai gelisah,deg-degan,takut dan lan-lain.Kita semua turun dan langsung salaman dengan beberapa tau yang sedang duduk di luar.Gw semakin ragu-ragu buat melangkah ke dalem rumah.Setelah kita masuk, gw liat agak cukup ramai.Ada suara orang lagi ngaji dan beberapa orang yang sedang menangis.Langkah kaki gw pun mulai gw kuatin walaupun saat itu gw juga tiba-tiba aja gw ngerasain kebelet mao kencing.Tapi gw tahan ajah, hati gw mulai semakin gelisah.


Pada langkah kaki gw yang berikutnya, mulai terlihat ada sebuah kasur yang berada di depan orang-orang yang sedang nangis dan mengaji,setelah gw melirik ke arah kanan, gw pun melihat jasad temen gw, yang terbujur kaku dan di tutupi kain bermotif batik.hati gw pun berbicara ”itu Yuan”.Kita semua salaman sama keluarganya, walaupun gw gak tau mana yang nyokapnya ataupun bokapnya.Kita semua duduk tepat di hadapan jasad Yuan.Kita semua saat itu masih bengong, bingung gak tau harus ngapain.Mungkin hal itu terjadi gara-gara masih gak percaya dengan apa yang telah terjadi.


Suasanapun mulai pecah menjadi histeris setelah terdengar tangisan seorang pria yang wajahnya mirip banget sama Yuan.Filling gw itu bokapnya, air mata yang dari tadi gw udah tahan sekuat mungkin untuk tidak netes.Akhirnya air mata gw pun mulai mengalir, tanpa bisa gw bendung lagi.Gw kaga tega liat bokapnya Yuan nangis sambil sujud-sujud, dia bilang makasih udah pada dateng dari jauh-jauh.Jujur saat itu gw selalu ke bayang kejadian-kejadian yang ngingetin sama Yuan.Dari baru kenalan di semester 1, kejadian hp dia di todong di kebon nanas, jalan ke Rangkas bareng dan lain-lain.


Reja abis itu langsung cabut kedepan buat ngerokok.Soalnya kata dia,”kalo di sana terus gw bisa mewek”.Gw sama yang lain abis itu cuman bisa bengong, mungkin saat itu semua masih kaga percaya dengan apa yang telah terjadi sama Yuan.Karena bener-bener mendadak banget kejadiannya.Masih hangat di ingatan gw pas hari jum’at dia masih ngoreksi tugas Bahasa Inggris gw.Ramon masih inget kalo dia kamis besoknya mau maju bareng sama Yuan buat persentasi.Faisal masih inget kalo beberapa hari sebelumnya dia masih sempet smsan ma Yuan buat nanyain ”kapan ke kontakan?”.


Gw mulai berusaha buat buat meraih buku surat Yasin yang ada di depan gw.Gw sama Oon cuman bisa baca Yasin aja.Selagi baca Yasin pun gw masih berusaha menahan air mata gw supaya ga keluar banyak.Karena biarpun gw baca Yasin tapi pikiran gw masih melayang ke kenangan-kenangan yang lainnya bersama Yuan.Jujur gw sama dia emang gak begitu akrab, dalam arti kata (kita gak pernah saling curhat, bicara masalah pribadi dll.)Tapi kalo masalah pertemanan gw, hubungan gw baik banget sama dia.Dari mulai main bola bareng, minjem baju sama celana dia, ketawa bareng ampe bakar ayam juga sama.Mungkin bukan gw doang yang gerasai kaya gini.


Setelah kelar baca, gw ke ruang tamu sama yang lainnya juga.Disana kita mulai membuka pembicaraan tentang kejadian yang sebenarnya kaya gimana.Ternyata ada beberapa info yang salah.Dia tertabrak mobil sejenis kijang dengan kecepatan tinggi.Dan tempat kejadiannya itu deket perumahan si Reja.Menurut keluarga nya kejadian sekitar jam 10 malam.Ga kebayang pas gw lagi nonton film dan ketawa-ketawa sama temen-temen, gw sempet lihat jam di hp gw yang waktu itu menunjukkan jam 10 malam lewat dikit.Seperti 2 sisi mata uang yang berbeda, di satu sisi gw senang-senang di sisi lain temen gw lagi kecelakaan.


Tidak ada saksi mata secara langsung, hanya saja terdengar suara tabrakan dan mobil yang melaju dengan kencang.menurut satpam komlpek Reja.Sebelum Yuan kecelakaan, nyokapnya sempet liat dia mandi sama makan malem sehabis pulang ngeband.Yuan emang jago banget ngeband, bahkan dulu di kelas pas ditanya sama Pak Bambang dia pernah bilang mau jadi Erenjer (tulisannya betul kaga tuh).Yang masih jadi pertanyaan kita sampai saat ini adalah Yuan mau kemana malem-malem abis pulang ngeband.Nyokap bokapnya kaga tau dia cabut, udah gitu tetangganya tumben liat dia ngebut naik motor kaya orang keburu-buru dan ga negor pula pas lewat.


Setelah ngobrol sama keluarganya, rasa kebelet kencing gw semakin menjadi.Bahkan sekarang di tambah rasa mules di perut.Dan ternyata bukan gw doang yang ngerasain pedesnya sambel imoet tadi malem.Ramon juga yang udah mesen buat bikin sambel yang pedes mendadak mules.Reja bilang ”tenang WC di rumah gw banyak”, kita semua mutusin buat cabut ke rumah Reja.Kira-kira waktu itu sekitar jam setengah 4.Kita cabut ke rumah Reja tanpa melihat wajah Yuan untuk terakhir kalinya.Sebetulnya bukannya gw atau temen gw ga’ mau.Tapi gw masih ada rasa gak tega dan takut.Karena dulu gw sempet mencium wajah guru ngaji gw yang sudah meninggal, selain gw sedih gw juga terus-terusan kebayang dia sampe-sampe malah kaga tidur.


Pas sampe di rumah Reja, Reja langsung sms nyokapnya supaya bukain pintu.Gw emang jarang kerumah dia,karena jauh juga di Cilegon.Tapi udah beberapa kali kesana buat main aja.Jadi masih malu-malu deh sama nyokapnya.Lain halnya sama si Iwan, dia mah udah sering nginep disana sama udah akrab sama keluarganya Reja.Kalau gw sama yang lain pada cium tangan sama nyokapnya Reja, kalo Iwan mah beda.Dia malah langsung TOS ama nyokapnya Reja, huahahaha.Bukti saking Iwan udah seringnya ke sana kita lagi tiduran eh dia malah masak indomie.Gokil lu wan.............


Abis melaksanakan tugas di WC, gw langsung ke kamar Reja yang ada AC nya.Tidur berame-rame.Tapi kaga bisa tidur, masih kurang percaya sama kejadian yang tadi.Kita bukannya tidur malah ngomongin Yuan kenapa bisa kaya gini.Masing-masing pada sibuk dengan hp nya buat ngabarin yang lain lagi.Gw sms Pak Novan, udah gitu gw berusaha buattidur.Tapi karena Ramon baru pertama kalinya ke rumah Reja dia keliling dulu,udah gitu Reja malah nunjukin mainan-mainan yang ada di sana lagi.Gw jadi kaga bisa tidur.Lagi mau tidur di lempar gangsing yang ada lampunya lah,helikopter yang pake remote sampe-sampe nembakin gw sama yang lain pake airsoftgun.Udah cape main, eh si Reja malah ngeluarin Nintendo Wii nya.Makin susah aja dah tidur.


Pagi-pagi sms balesan mulai pada dateng, balesannya dari yang masih gak percaya, bingung, sampe ada yang masih kagak tau Yuan yang mana orangnya (ade kelas gw tuh).Pak Novan bales buat minta alamat, sama bilang kalo dia mao dateng sama Yuli dan Pak Bambang.Udah siangan mereka ternyata udah sampe di depan rumah Reja sekitar jam 8.Setelah siap-siap mao berangkat gw sempet minum dulu dan sekaligus liat ada Rendang lagi di angetin.Kebetulan emang kita emang belom pada makan pagi.Ternyata yang ngeliat Rendang bukan gw doang yang lain juga.Sempet kepikiran sama kita, ntar dulu dah kita makan dulu.Hahahaha parah.


Setelah berangkat, ternyata jenazah udah di bawa ke masjid.Setelah sampai di masjid ternyata telah di shalati.beberapa menit kemudian, jenazah dibawa untuk di kebumikan di samping makam kaka nya Yuan.Yang teragisnya lagi ternyata kalo gak salah Yuan itu 4 bersaudara, kakanya ada yangmeninggal karena sakit.Kemudian ada yang kecelakaan sama seperti Yuan,dan akhirnya Yuan pun menyusul mereka.Tinggal lah si bungsu sendirian, dia cw dan masih kecil pula.Sumpah gw mau nangis liat ade nya, karena lagi asik-asik lari-larian ama temennya.Dia mungkin masih bingung kenapa rumahnya tiba-tiba rame.Sayang dia masih belum tau kalau kakanya udah ga ada lagi.


Gw sama yang lain ikutin iringan jenazahnya, pertama-tama Pak Bambang bantu buat gotong keranda kemudian di susul gw sama Yuli yang gotong sampe ke tempat pemakamannya yang ada di tengah persawahan, masih di sekitar rumahnya.Setelah jenazah mulai di keluarkan lalu dikebumikan.Reja tiba-tiba aja ngerangkul gw, yah mungkin gw tau kalau kita semua sedih kehilangan teman.Bukan Yuan atau siapalah, semua orang yang di angkatan gw.Udah bukan gw anggap sebagai teman lagi.Mungkin bisa di bilang kita semua keluarga.




Semat Jalan Yuan Do’a kita Selalu Menyertaimu



2 komentar:

autism is a gift mengatakan...

Ceritanya kurang lengkap jie......

==================================
MAU DITARKTIR GA?????


masi ada soal yang terakhir??
yang kita plg dari makam yuan mau makan di rumah reja trz ga jd?

akhirnya mau d traktir ma nyokabnya reja di resto yang paling enak se cilegon..
tdnya undangan nya sech buat 8 orang doang ( 1 mobil keloter pertama yaitu ano,reja,reji,ramon,paisal,oon,iwan ) tapi karena ada kloter ke 2 yaitu Baskoro dan lain2 jd 2 mobil... tp biz to mobil yang laen tdna mau ngikut nyari POM Bensin doang...
Eeehhhhh colongan denger mau d ajak makan2 jadi yang di bawa reja mustinya cm 1 mobil bertambah jd 3 mobil??.....
* perlu di ketahui 1 mobil itu isinya full sekitar 8 orangan jd kalo 3 mobil jd 24an orang!

jd akhirnya 3 mobil itu dateng ke resto sunda yang ada d kota cilegon! yang udah di booking ma nyokabnya reja, rombongan d kolter1 udah pada panas dingin ajah takut ga enak ma nyokabnya reja ( perasaan yang saya ajak cuma se mobil ne ko bnyk amat orangnya?? )semua yang dimobil nyoba untuk nggak nanya ato ngomong ma reja tkt salah....
tp syapa tau yg ngomong trz reja bilang santai ajah.. ( dalem ati mah " BANGKE TU ANAK2..." ) hahahaha.....

jd kita semua to 3 mobil makan di resto to dgn menu lengkap..
nasi
pete
lalap
ayam
tempe
tahu
sambel
oncom ( di apain gto tp enak...)
sayur asem
ikan asin
ada kue2 gto dua....
sama cuci mulut ada yang pisang ada yang apel, tp kyna ada yang dapet duren dah??.....
lengkap dah satu piring Fulll..ampe lupa dan ito dalam satu paket isinya apa ajah kaya nasi tibel gto bkn??.... + minum bisa milih mau jus apah? tp kynya pada tau diri ( TELAT!!! ) jd pada pesen esteh manis doang..
kita semua to makan di satu meja panjang, dan ito satu meja panjang ajah masi kurang jadi to 3 mobil 2 meja panjang... yah mejanya panjang tapi ga sepanjang seperti yang lo kira kok!
setelah menu semua dateng kita nawarin nyokabnya reja dulu ( secara yang neraktir )tp nyokabnya reja makan di meja lain sama temen2 kantornya banyak..

udah pada makan semua pas lagi di tengah2 nikmatin makan reja terima telpon dari keloter terakhir.. isinya dosen yang ga gaul ma anak2 angkatan bawah yang notabenya tidak dikenal? loh??... hahahaha g ga gto denger pembicaraan nya karena g duduk jauh dari reja kira2 gne
(" haloo jha.. kmu dimana? lagi makan2 yah? bapak ikut yah kasian saya ma anak2 belum makan td pagi2 warung mak'e belum buka? boleh ga jha?? ga banyak ko yahh palingan 2 mobil lah..... yah jha? " ) reja to tampangnya udah kayak apah tpi dya mang sok santai jdi kita nerusin makan dengan tau anak cendekia yang laen jg pada mau dteng???.... ( ya oloh dasar kaga tau diri )
pas udah ngambil tusuk gi2 lagi congkel2 sisa makannan mereka pada dtg dan pesen menu yg sama,yaudah pada mkn dah to.. g ma gisela liat2an dan coba nebak to makanan kira2 brp.. " gie!! kira2 1 porsi brpaan?" tnya g dengan suara lembut tkt k dger maknya reja yang du2k pas di meka blkg g!! udh itung2an pke calculator d hape g dan g coba menjumlah nilai2 yang udah g masukin... dan hasilnya WALAH!!..
gisela cuma bilang " reja tajir inih... untung kita ga pada pesen jus " g langsung masukin hape g dgn gemetar ( halah )!

udah pada selese semua nunggu keloter t'akhir kelar makan dengan muter2 resto nyari2 angin dan toilet! tidak lupa bilang trima kasih ma nyokabnya reja
" tante makasi yah?"
" iyah.... ( besok2 jangan k cilegon lagi yah??" )

pas kloter terakhir kelar semua langsung ajah gto masuk mobil mungin mereka ga tau nyokabnya reja yang mana atau..... kacau lah!
dan kita semua kenyang dalam perjalanan pulang...
di jalan pulang kita buka kaca nyoba ngadem abiz makan kan basanya keringetan lagian kita belum pada mandi dan ito da siang!! jd pasti panas
pas di jalan dengerin radio kita selalu denger lagu sedih
ya mati di tinggal pacarnya...
ya di tinggal pacarnya pergi...
ya kisah ga bahagia lainya....
pokoknya tiap kita ganti chabel radio dan ada lagunya pasri ada kata2
pergi...
meninggalkanku...
tak akan kembali....
semua kata2 yang bkin kita inget yuan lg! orang endonesia kaga kreatip! tp akhirnya g bersyukur kita ga harus bwa kesedihan pulang karena kasian yang di tinggalin kalo kita sedih! thx to reja....



........
dan nyokabnya......
.... mkasi ya tante....

atas nama STTMCA
Sekolah Tinggi Tinggi Mau Cadi Apa

Angga (diminis) mengatakan...

ga bsa ngomong apa2 gw tuk inget lagi kjadian 1 taun silam,,,krna saat itu jg ga byk kta rucap hanya tanya trlintas,,,knp harus yuan,,,
gw ga akan ktmu yuan lagi,,,;(